Bendera RI Terbalik di Malaysia, Wibi: Harus Ditanggapi Secara Elegan

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem DKI Jakarta, Wibi Andrino sangat menyesalkan insiden gambar bendera Indonesia yang dicetak terbalik di buku panduan SEA Games 2017 di Malaysia.

“Ini sangat memalukan dan disayangkan hal tersebut terjadi, karena hubungan dengan Negara Malaysia sudah terjalin sangat baik dan Malaysia juga merupakan saudara serumpun Indonesia,” ujar Wibi Andrino, Selasa (22/8).

Kita meminta, lanjut Wibi, agar penyelenggara SEA Games 2017 di Malaysia segera mengambil tindakan untuk memperbaiki buku panduan tersebut serta meminta maaf kepada rakyat Indonesia karena ini sangat melukai perasaan nasionalisme kami.

Lebih jauh, Wibi mengungkapkan, sebagai warga negara Indonesia, pasti ada rasa marah dan kecewa ketika identitas bangsa di lecehkan. “Apalagi kita baru saja merayakan Kemerdekaan ke-72, aura Nasionalis kita masih menggebu-gebu,” jelas Wibi.

Wibi menjelaskan, SEA Games merupakan event resmi bertaraf internasional. Seluruh dunia tertuju pada perhelatan 2 tahun sekali ini, seharusnya panitia penyelenggara teliti, “Kita wajar kecewa dan marah, tetapi menanggapi hal tersebut harus secara elegan tidak usah secara berlebihan,” ujar pria lulusan trisakti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *