Membangun Kesadaran Perempuan Terhadap Bahaya Kanker Sejak Dini

JAKARTA (5 Oktober): Ketua Garnita NasDem DKI Jakarta, Wanda Hamidah mengungkapkan, saat ini kanker payudara dan kanker serviks menjadi pembunuh utama perempuan di Indonesia. Hal inilah yang membuat dirinya bersama Garnita NasDem DKI terus membangun kesadaran masyarakat tentang bahaya penyakit tersebut sejak dini.

“Di Indonesia, 70% hingga 80% pasien yang datang ke rumah sakit rata-rata sudah stadium 3 dan 4, artinya sulit disembuhkan. Berbeda dengan negara-negara maju seperti di Singapura, yang datang untuk mendeteksi dini 70% sampai 80% persen, jadi kemungkinan yang dapat tertolong juga lebih banyak,” terang Wanda Hamidah, melalui telepon, Kamis (5/10).

Sebagai wanita yang sempat menderita tumor payudara pada 2010, Wanda terus berusaha untuk terjun ke masyarakat, seperti sekolah-sekolah maupun tingkat kampus di berbagai kota untuk mensosialisasikan deteksi dini kanker payudara. Dirinya juga terus mengajak kepada teman-teman, khususnya yang ada di Garnita NasDem DKI Jakarta untuk lebih peduli terhadap bahaya penyakit mematikan tersebut.

“Dengan adanya sosialisasi dapat mencegah terjadinya kanker, dan itu lebih penting. Sayangnya, masyarakat datangnya ketika sudah parah. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran dari masyarakat Indonesia,” lanjut Wanda.

Menurut Wanda, perempuan adalah tiang keluarga, di mana kalau tiangnya runtuh, maka organ lain ikut runtuh secara emosional dan psikis. Untuk itu, perempuan-perempuan Indonesia harus dibangun kesadarannya untuk lebih aware terhadap perubahan-perubahan yang terjadi sekecil mungkin pada dirinya.

Wanda berharap agar pemerintah melakukan ‘jemput bola’ dengan datang ke kelurahan atau kecamatan untuk melakukan deteksi dini kanker bekerjasama dengan Puskesmas. Selain sosialisasi, dirinya juga berharap pemerintah dapat menanggung biaya untuk deteksi dini, sehingga biaya yang ditanggung masyarakat lebih ringan. Hal ini juga yang nantinya akan turut memberikan kesadaran untuk memeriksakan sejak dini. (Wahyu Ramdhani/FM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *