Terdepan Melawan Kanker

JAKARTA (5 Oktober): Upaya menekan angka kematian perempuan akibat penyakit kanker, Bidang Kesehatan Perempuan dan Anak Dewan Pimpinan Wilayah (DPP) Partai NasDem menggelar seminar kesehatan, Kamis (5/10). Bertempat di ruang Bhineka DPP Partai NasDem, kegiatan seminar yang dibuka langsung oleh Sekretaris Jendral DPP Partai NasDem Johnny G. Plate ini turut dihadiri para kader NasDem, serta pengurus dan anggota Garnita Malahayati dari berbagai provinsi.

Bertemakan “Deteksi Dini, Kenali, Mencegah dan Mengobati Kanker” kegiatan seminar turut menghadirkan narasumber Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem Rerie L Moerdijat yang sejak 2016 berjuang melawan kanker. Kemudian, dr. Ramadhan SpB Onk yang membahas tentang penyebab, gejala, dampak dan bahaya kanker payudara. Kegiatan seminar tersebut juga menghadirkan Prof. Dr. dr. Andrijono SpOG yang membahas mengenai penyebab, gejala, Dampak dan bahaya kanker serviks.

Dalam sambutannya, Sekjen DPP Partai NasDem, Johnny G. Plate mengatakan bahwa Partai NasDem menjadi yang terdepan memastikan bahwa kebijakan pemerintah harus berpihak pada kesehatan masyarakat.

“Kita harus memastikan rakyat kita sehat, memastikan pencegahan dini terhadap penyakit harus dilakukan, karena penyembuhan penyakit sangat mahal,” ujar Johnny

Sementara itu, Ketua Bidang Kesehatan Perempuan dan Anak DPP NasDem, Amelia Anggraeni menuturkan, acara seminar kali ini diadakan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat khususnya wanita untuk mendeteksi kanker secara dini. Pasalnya, saat ini masih banyak masyarakat yang belum memahami penyakit kanker, sehingga seringkali baru terdeteksi saat sudah memasuki stadium lanjut.

“Kanker payudara dan serviks masih menjadi penyebab utama kematian wanita di Indonesia,” terang Amel.

Amel melanjutkan, untuk menekan angka kematian yang disebabkan oleh kanker, penting bagi masyarakat untuk mendeteksi kanker sejak dini. Penyakit kanker lebih mudah dicegah dengan deteksi dini. Untuk itu, penting bagi masyarakt untuk mengenal penyebab dan cara mengatasi kanker.

“Kami harap pengetahuan ini dapat dibagikan kepada seluruh kalangan masyarakat dan dapat meningkatkan kepedulian semua pihak akan bahaya penyakit kanker,” pungkas anggota DPR RI Komisi 9. (Wahyu Ramdhani/FM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *