Tiga Kunci Generasi Milenial Menurut Wibi Andrino

JAKARTA (26 November): Generasi milenial adalah terminologi yang saat ini banyak diperbicangkan. Mereka dipandang sebagai individu-individu yang kreatif. Di tangan merekalah tongkat estafet kepemimpinan bangsa akan diserahkan. Namun demikian, sudah sejauh manakah pemahaman generasi milenial dalam percaturan politik Tanah Air. Hal ini menjadi penting mengingat hiruk pikuk selebrasi generasi milineal yang lebih banyak mengarah dalam hal teknologi.

Menyikapi hal tersebut, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem DKI Jakarta, Wibi Andrino mengungkapkan tiga kunci yang harus dipegang oleh para generasi milenial, yakni jujur, emosional, dan progresif. Menurut Wibi, tiga hal inilah yang harus bisa dimiliki pemuda sebagai pemegang tongkat estafet warisan pemerintahan hari ini. Mereka yang harus melanjutkan proses dan bertanggung jawab maju mundurnya bangsa ini.

“Hari ini memang pemuda melek akan teknologi, namun ada kesan timbul individualistik yang tinggi, selfish, mereka mengatasnamakan ego kepentingan diri mereka di atas kepentingan-kepentingan yang lain,“ ujar Wibi Andrino.

Menurut Wibi, hal ini bertolak belakang dari nilai-nilai yang dibangun oleh para founding father dalam membangun Bangsa Indonesia, seperti semangat kebersamaan, gotong royong, adanya sosial emosional membangun suatu kultur yang sudah dibangun. Namun, Wibi menilai saat ini generasi milenial justru dihadapkan pada paradigma individualisme.

“Di sini yang harus bisa berbicara hari ini adalah pemuda, tidak mungkin hari ini kita terlalu berharap banyak kepada generasi sebelumnya,” lanjut politisi muda kelahiran Aceh ini.

Meski begitu, menurut Wibi peran generasi sebelumnya masih dibutuhkan sebagai sosok teladan dalam membangun Bangsa Indonesia. Sebab, tanpa adanya keteladanan tak mampu adanya pergerakan yang muncul dari diri sendiri untuk memberikan kontribusi terhadap bangsa ini, tidak atas nama diri sendiri.

“Tanpa adanya keteladanan tak mampu adanya pergerakan hari ini, inilah semangat restorasi yang dibawa Partai NasDem, inilah yang ingin diberikan kepada para pemuda,” pungkas Wibi Andrino. (FM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *