BAHU NasDem DKI Bantu Korban Kekerasan pada Anak

JAKARTA (15 Maret): Ketua Badan Advokasi Hukum (BAHU) NasDem Andana Marpaung, S.H., M.H. menyoroti masih rendahnya kesadaran hukum di masyarakat. Hal ini disampaikannya dalam Bincang Publik Perlindungan Anak bersama Partai NasDem dengan tema ‘Anak Terlindungi, Masa Depan Negeri Menanti’ di Gedung Serba Guna LKMD, Jalan Persada 2, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (15/3).

Ditemui usai mengisi kegiatan tersebut  Andana menjelaskan bahwa predator anak saat ini rentan sekali terjadi setiap hari.  Hal itu menurutnya bisa dilakukan melalui banyak modus seperti memberikan permen, pelecehan seksual dan eksploitasi anak di bawah umur.

Menurut Andana selain melakukan upaya pencegahan juga diperlukan tindakan yang bisa menimbulkan efek jera kepada pelaku tindak kekerasan pada anak. Menurutnya hal ini bisa dilakukan melalui pemberian hukuman penjara yang seberat-beratnya.

Saat ini lanjut Andana, banyak keluarga yang masih merasa malu terhadap kejadian yang menimpanya, banyak juga yang mempertimbangkan psikis anak sehingga ragu dan takut apalagi yang berkaitan dengan kasus pelecehan seksual.

“Bahu Partai NasDem sangat membuka diri dan siap melayani tanpa biaya apapun, ini (kekerasan pada anak -Red.) menjadi atensi prioritas kami,” kata Andana.

Andana menambahkan saat ini pihaknya juga terus melakukan upaya untuk membantu orang tua para korban kekerasan pada anak di DKI Jakarta, termasuk dua kasus pelecehan yang masuk di pertengahan tahun 2017. Menurutnya BAHU NasDem akan selalu mengawal jalannya proses hukum agar pelaku dapat diberikan hukuman seberat beratnya.

“Kalau bisa si pelaku harus ditahan karena selama ini tidak ditahan, itu yang kita perjuangkan terus menerus,” kata Andana. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *