Garnita NasDem Dorong Pemda DKI Bantu Korban Kekerasan pada Anak

JAKARTA (15 Maret): Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garnita Malahayati NasDem DKI Jakarta Wanda Hamidah mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta untuk mampu menciptakan kawasan yang ramah untuk anak-anak.

Wanda yang ditemui usai mengisi acara Bincang Publik Perlindungan Anak bersama Partai NasDem di Gedung Serba Guna LKMD, Jalan Persada 2, Tebet, Jakarta Selatan itu menyebutkan jika Garnita NasDem hadir untuk membantu pemerintah mewujudkan tujuan pembangunan milenium (MDGs).

“Tentunya program-program yang ingin kita gulirkan pertama perlindungan terhadap perempuan dan anak dari segala sisi kebijakan termasuk pendidikan dan kesehatan,” kata Wanda, Kamis (15/3) .

Menurut Wanda saat ini angka kekerasan terhadap anak dan perempuan masih cukup tinggi. Untuk itu Garnita NasDem hadir bersama masyarakat untuk menjaga masa depan anak-anak Indonesia.

“Kita semua harus menjadi pelindung anak karena kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan terus meningkat,” terang Wanda.

Kekerasan yang dimaksud Wanda tadi memiliki beragam jenisnya seperti kekerasan fisik, psikis hingga kekerasan seksual. Wanda mengajak kepada orang tua agar mampu menjaga anak-anaknya agar terhindar dari tindakan kekerasan.

“Kekerasan pada anak itu hadir 70% nya dari lingkungan terdekat kita, bahkan di rumah sendiri seperti memberikan hukuman yang keras,” sebut Wanda.

Solusinya, menurut Wanda, orang tua juga harus dibekali dengan pengetahuan psikologis untuk menghadapi anak, dan bukan cuma marah, tetapi kita harus sensitif dalam rangka memahami kondisi anak melalui pendekatan dan memberikan waktu yang berkualitas.

“Orang tua harus membantu memberikan dialog, memberikan anak informasi mengenai hak dan fungsi reproduksinya,” ujar Wanda.

Wanda bersama Garda Wanita NasDem DKI Jakarta juga mendorong Kementerian Kesehatan dan Pemerintah DKI Jakarta untuk memberikan beragam cara untuk pemulihan mental (trauma healing) korban pasca mendapat kekerasan pada anak. Selain itu, menurut Wanda, sekolah juga harus mampu memberikan bimbingan termasuk kepada anak-anak yang di dalamnya termasuk sahabat disabilitas.

“Insyaallah kita (Garnita NasDem -Red.) juga mendorong Pemda DKI agar siap dan punya program yang tepat untuk anak-anak,” kata Wanda.

Amelia Anggraini Ketua DPP Partai NasDem bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak juga menunjukan kepeduliannya kepada masa depan anak-anak Indonesia, menurut Amel problem kekerasan pada anak harus menjadi tanggungjawab kita semua.

“Ini menjadi kerja bersama NasDem dan masyarakat untuk mengentaskan kekerasan pada anak,” pungkas Amel. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *