NasDem Jakbar Gerak Cepat Bantu Korban Kebakaran di Kembangan

JAKARTA (31 Maret): NasDem Jakarta bergerak cepat memberikan sejumlah bantuan kepada warga yang menjadi korban kebakaran di Kembangan, Jakarta Barat. Sejak kemarin, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Jakarta Barat sudah mendirikan tenda dan posko bantuan di lokasi kebakaran.

Sebanyak dua tenda telah berhasil didirikan NasDem Jakbar bersama relawan Sugus (Saudara Agus). Tenda tersebut mampu menampung 200 orang jiwa. Namun, banyaknya warga yang menjadi korban kebakaran membuat para korban harus berdesak-desakan. Untuk itu, NasDem Jakbar berencana akan menambah jumlah tenda untuk pengungsi korban kebakaran.

“Pertama kita menyiapkan tenda pengungsi untuk korban kebakaran ukuran 8 X 2 atau 16 meter panjangnya, tiap tenda mampu menampung 100 orang,” ujar Abdul Aziz Muslim, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Jakarta Barat, saat dihubungi lewat telepon Sabtu (31/3).

Selain mendirikan tenda untuk korban, NasDem Jakbar juga menyiapkan posko bantuan, di mana posko ini menyiapkan berbagai kebutuhan logistik. Selain itu, melalui posko ini juga, NasDem Jakbar menerima dan menyalurkan jika ada pihak-pihak lain yang ingin memberikan bantuan.

“Rencananya untuk posko bantuan akan ada selama empat hari hingga seminggu, tetapi untuk tenda mungkin akan lama, karena saat ini para korban membutuhkan tempat tinggal,” ujar Abdul Aziz.

Kebakaran yang terjadi diduga karena konsleting listrik ini tidak hanya melahap ratusan rumah dan menelan korban jiwa, tetapi juga turut menghanguskan dokumen-dokumen berharga milik warga. Untuk itu, Azis berharap agar pemerintah daerah memberikan bantuan kepada korban kebakaran, salah satunya dalam mengurus berkas-berkas tersebut.

Sementara itu, Agus Lomboan yang juga turun sejak kebakaran terjadi menceritakan, ketika mendapat laporan terjadi kebakaran, ia bersama relawan Saudara Agus (Sugus) langsung terjun ke lapangan untuk melakukan evakuasi. Selain melakukan evakuasi, Agus juga turut melakukan pendampingan kepada korban yang meninggal dunia.

“Selanjutnya, sekitar subuh tenda dari NasDem Jakbar dan Relawan Sugus datang, kemudian pagi hari kami dibantu para warga mendirikan tenda tersebut,” ujar Agus.

Agus mengatakan, awalnya ia bersama NasDem Jakbar dan relawan Sugus akan menyiapkan dapur umum. Namun, kondisi di lapangan yang tidak memungkinkan, akhirnya disepakati akan memberikan bantuan dalam bentuk makanan siap saji.  Selain itu, bantuan-bantuan lain, seperti pamfers, pakaian, obat-obatan, hingga kebutuhan mandi juga telah disiapkan NasDem Jakbar untuk membantu korban kebakaran.

“Para warga merasa terbantu dengan adanya bantuan-bantuan yang telah diberikan. Apalagi NasDem menjadi yang pertama mendirikan bantuan tenda untuk korban kebakaran,” tutup Agus. (FM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *