NasDem DKI Gelar Diklat Khatib Jumat Angkatan Pertama

JAKARTA (1 April): Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem DKI Jakarta mulai membuka pendaftaran Pelatihan Keterampilan Khatib Jumat. Hal ini merupakan program awal Hasan Aminuddin sejak didaulat menjadi Ketua DPW Partai NasDem DKI Jakarta.

Hasan Aminuddin menjelaskan program pelatihan khatib ini merupakan hasil Rakernas Partai NasDem beberapa waktu lalu. Hasan menjelaskan para calon khatib yang akan dilatih adalah generasi muda yang nantinya mereka dapat memahami bahwa kehadirannya di muka bumi adalah bermanfaat bagi alam semesta.

“Sesuai dengan ayat Alquran Wama arsalnaka illa rahmatan lil alamin. Ayat inilah yang akan menjadi pegangan NasDem Jakarta dalam mengimplementasikan ayat tersebut sehingga tafsirnya benar-benar menjadi rahmatan lil aalamiin,” ujar Hasan Aminuddin, Minggu (1/4).

Hasan menegaskan bahwa khatbah Jumat bukan pengajian, tetapi mengingatkan diri khatib dan seluruh jamaah salat dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya. Untuk itu, penyampaian khatbah Jumat yang berupa mengolok-olok apalagi menghujat sangat dilarang karena itu dilakukan di Rumah Allah.

Pelatihan Khatbah Jumat ini terbuka untuk semua orang, tidak hanya untuk kader NasDem. Namun, untuk jumlah peserta dibatasi 12 orang untuk tiap angkatan yang dilaksanakan selama 6 kali pertemuan. Program Diklat Khatib ini rencananya akan dilaksanakan secara terus menerus.

“Diklat khatbah Jumat ini akan dilakukan secara terus menerus dan tidak ada kaitannya dengan proses Pilkada maupun Pilpres. Sebab ini hasil dari Rakernas dan disetujui oleh pengurus Partai NasDem se-Indonesia,” jelas Hasan.

Adapun untuk angkatan pertama, pelatihan Khatib Jumat akan dimulai pada Senin (2/4/2018) mulai pukul 15.30 WIB di Gedung Ormas NasDem, Jl. RP Soeroso No. 46 Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. Selesai pelatihan dan pendidikan khatbah, nantinya para peserta akan difasilitasi langsung oleh Hasan Aminuddin untuk menjadi khatib di masjid-masjid maupun tempat lain di Jakarta yang melaksanakan ibadah salat Jumat. (FM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *