NasDem Jakbar Gelar Sosialisasi Peran Aktif Masyarakat Pemilu 2019

JAKARTA (13 Agustus): Pemilu 2019 semakin dekat. Untuk kali pertama, pelaksanaan pemilihan legislatif dilakukan secara bersamaan dengan pemilihan presiden secara serentak. Keterlibatan masyarakat secara aktif dalam proses berjalannya tahapan-tahapan Pemilu menjadi salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu yang demokratis.

Peran dan partisipasi masyarakat dalam mengawasi dan memantau jalannya proses kontestasi demokrasi merupakan hal yang sangat penting. Hal ini pula yang menjadi fokus Partai NasDem di DKI Jakarta.

Guna meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019, jajaran pengurus NasDem Jakarta Barat (Jakbar) menggelar sosialisasi ke masyarakat, Sabtu (11/8). Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh jajaran pengurus dan kader NasDem Jakbar, perwakilan organisasi  dan kepemudaan, serta elemen masyarakat di sekitar Kalideres, Cengkareng, Jakarta Barat.

Dalam kesempatan, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Jakbar, Abdul Azis Muslim mengajak partisipasi masyarakat untuk mengedukasi pemilih sebelum memilih calon atau pasangan calon dalam Pemilu nanti.

“Kegiatan ini, kita bersama-sama membahas visi misi dan program dari kandidat, memberikan suara sebagai pemilih, menghindari golput, ikut serta sebagai Komisi Saksi NasDem dalam pemantau Pemilu, kemudian menyampaikan hasil pantauan dan memberikan umpan balik terhadap kebenaran informasi pasangan calon peserta pemilu,” kata Abdul Azis

Azis berharap, kegiatan sosialisasi ini akan memberikan kontribusi dalam mengawal terselenggaranya demokrasi yang efektif dan efisien berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Kita tentu semua berharapan proses demokrasi yang akan dilaksanakan nanti dapat berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi, agar Pemilu semakin berkualitas tentu peran serta dari masyarakat mutlak diperlukan,” kata Abdul Azis Muslim. (FM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *