Kecam Kematian Suporter, Agus Lomboan: Jangan Pernah Menganggap Bangsa Sendiri Adalah Musuh

JAKARTA (26 September): Wakil Ketua DPW Partai NasDem DKI Jakarta, Agus Lomboan mengecam aksi anarkis yang dilakukan suporter sepakbola hingga menyebabkan hilangnya nyawa seseorang dalam laga Persib melawan Persija yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Agus yang merupakan Caleg Partai NasDem DPRD Jakarta Dapil 10 Jakarta Barat, menilai peristiwa ini terjadi akibat fanatisme yang sangat berlebihan, sehingga membuat para suporter menjadi buta mata.

“Itu sangat biadab. Saya nonton videonya aja sampe ga kuat. Lihat anak-anak yang masih berusia tanggung melakukan pembunuhan kepada orang yang sudah terkapar, ngeri banget,” ujar Agus, dihubungi melalui telepon, Rabu (26/9).

Menurut Agus, seharusnya masyarakat bisa belajar banyak dari keberhasilan Indonesia saat menyelenggarakan Asian Games 2018 beberapa waktu lalu. Dirinya justru khawatir jika semangat perbedaan yang terus digaungkan, tidak menutup kemungkinan masalah tersebut akan merambah ke persoalan lain.

“Inilah yang kita takutkan, kalau hanya karena perbedaan nyawa bisa melayang, maka nyawa manusia semakin tidak ada harganya. Janganlah kita berpikiran sempit dengan menganggap bangsa sendiri adalah musuh,” lanjutnya

Agus berharap kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Dirinya pun meminta kepada aparat penegak hukum untuk memberikan sanksi yang tegas dan seberat-beratnya, sehingga memberikan efek jera.

Sebelumnya diketahui, seorang anggota The Jakmania, Haringga Sirila (23), pemuda warga Cengkareng, Jakarta Barat, harus tewas di tangan suporter Persib Bandung sebelum laga antara Persib kontra Persija digelar pada Minggu (23/9) lalu. Haringga tewas dengan luka di sekujur tubuhnya usai dikeroyok oknum suporter Persib. (FM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *