Peduli Lingkungan, Nova Paloh Berikan ‘Germor’ untuk Warga Jagakarsa

JAKARTA (8 Desember): Komitmen Nova Harivan Paloh mewujudkan Jakarta Selatan sebagai percontohan dalam pengelolaan sampah diwujudkan dengan memberikan bantuan satu unit motor roda tiga atau disebut Germor (gerobak motor) kepada warga Kelurahan Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (6/1). Germor tersebut nantinya digunakan pengangkutan sampah dari warga ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara.

Pemberian gerobak motor dilakukan langsung oleh Nova Paloh kepada Ketua RW 02 Cipedak disaksikan langsung para ketua RT serta tokoh masyarakat setempat. Germor ini merupakan yang kesepuluh diberikan Nova Paloh di Jakarta Selatan.

Sebelumnya, 7 unit Germor diberikan untuk Kecamatan Tebet, 1 unit untuk Kecamatan Pasar Minggu, 1 unit di Kecamatan Pancoran, dan yang terakhir 1 unit di Kecamatan Jagakarsa. Usia serah terima kunci, Nova mengungkapkan alasannya memberikan Gerobak Motor di Jakarta Selatan. Dia ingin Jakarta Selatan menjadi kota percontohan dalam pengelolaan sampah yang baik.

“Cipedak menjadi prioritas utama bagi saya, karena saya ingin Jaksel menjadi percontohan dalam pengelolaan sampah yang baik. Semoga Germor ini dapat bermanfaat,” ujar Nova Harivan Paloh.

Lebih jauh, Nova mengajak kepada masyarakat untuk mengubah mindset dalam mengelola sampah sehingga bermanfaat. Nova juga mendukung agar program Bank Sampah di RW 02 Cipedak yang sempat vakum saat ini bisa diaktifkan kembali.

“Kita sudah ada bank sampah, tapi sedang vakum, ini harus diaktifkan kembali. Saya ingin mengajak kawan-kawan lain untuk bersosialisasi dengan bank sampah untuk memanfaatkan sampah agar memiliki bernilai ekonomi, seperti membuat tas dari bekas bungkus kopi,” lanjutnya.

Kepedulian Nova Harivan Paloh terhadap lingkungan juga diwujudkan dengan menyiapkan 100 pohon untuk ditanam di wilayah Cipedak. Nova yang juga Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) mengatakan, saat ini pemerintah sedang menggalakkan menanam 250 juta pohon di seluruh Indonesia.

“Dulu ini semua sawah dan sekarang menjadi perumahan, tetapi masih ada sedikit-sedikit lahan yang bisa ditanam. Untuk itu, saya juga ingin memberikan bibit pohon buah-buahan untuk ditanam para warga. Saya ingin Cipedak menjadi kampung hijau, kita jadikan asri lagi,” tandasnya. (FM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *