NasDem Dorong Pemprov Fokus Atasi Persoalan Sampah Pulau Seribu

JAKARTA (23 September) – Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera menata kembali pariwisata di Kepulauan Seribu. Pasalnya, saat ini masih banyak sampah yang terapung di perairan Kepulauan Seribu yang menghambat lalu lintas transportasi laut di wilayah itu.

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi NasDem, Nova Harivan Paloh mengaku kerap mengalami perahu yang terhenti akibat tersangkut sampah setiap kali datang ke Kepulauan Seribu. Termasuk yang terbaru saat Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta melakukan kunjungan kerja ke wilayah itu beberapa waktu lalu.

“Masalah sampah di Kepulauan Seribu ini seringkali muncul. Beberapa kali saya berperahu tersangkut sampah, harus diselesaikan masalah sampah di Kepulauan Seribu agar pariwisata di sini semakin menggeliat,” ujar Nova Harivan Paloh, Selasa (23/9/2019).

Guna meminimalisir sampah di Kepulauan Seribu, Nova mengungkapkan bahwa akan mengajukan sistem pengolahan sampah terpadu. Salah satunya, dengan mendirikan intermediate treatment facility (ITF) skala kecil sehingga sampah-sampah di Kepulauan tidak perlu dibawa ke daratan dan selesai di pulau.

“Lalu, instalasi pengolahan air limbah (IPAL) juga harus ditambahkan untuk menjaga kesehatan lingkungan bagi masyarakat. Jangan sampai mereka buang air besar sembarangan yang akan mengganggu para wisatawan,” pungkas Nova. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *