Fraksi NasDem Gelar Diskusi Bahas Permasalahan Sampah di Jakarta

JAKARTA (22 Oktober) – Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta menggelar diskusi bersama di ruang rapat Fraksi NasDem, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (22/10). Diskusi bertajuk ‘Ngopi Bersahaja: Ngobrol Pintar Bereskan Sampah, Harmoniskan Jakarta’ ini membahas terkait permasalahan sampah di DKI Jakarta.

Sampah memang masih menjadi permasalahan pelik di ibu kota. Saat ini tercatat timbunan sampah DKI Jakarta di TPA Bantar Gebang sudah mencapai 7.800 ton. Melihat kondisi tersebut, Fraksi NasDem DKI menginginkan agar pengelolaan sampah di DKI Jakarta harus dikelola dengan baik. Salah satunya mendorong agar Pemprov memiliki teknologi baru dalam pengelolaan sampah.

“Kondisi ini sudah menghawatirkan karena ada limitasi terkait timbunan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang. Diskusi ini untuk memainkan peran supaya Pemprov mempunyai target untuk mengurangi sampah di DKI,” kata Nova Harivan Paloh, Anggota Komisi D Fraksi NasDem DPRD DKI, Selasa (22/10).

Nova mengungkapkan, masalah sampah di Jakarta sudah mencapai level darurat. Tata kelola sampah harus dimulai dari diri sendiri, karena produksi sampah terbesar berasal dari rumah tangga. Menurutnya, dibutuhkan peran serta masyarakat dalam mengatasi permasalahan sampah di Jakarta.

Nova menilai masyarakat harus bisa melihat dua sisi dari permalasahan sampah. Menurutnya, sampah selain bisa menimbulkan penyakit, bisa juga menjadi nilai ekonomi jika dikelola dengan benar.

“Jakarta ini darurat sampah. Kita tekankan juga agar tiap kelurahan di Jakarta memiliki Bank Sampah,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *