NasDem DKI Terjun Langsung Beri Santunan Korban Banjir

JAKARTA (4 Januari) – Ketua Fraksi NasDem DPRD Jakarta Wibi Andrino bersama rombongan DPW Partai NasDem DKI Jakarta terjun langsung meninjau lokasi pasca banjir di Kecamatan Cipinang, Jakarta Timur. Wibi bersama rombongan juga mengunjungi rumah anak dari Siti Hawa, salah satu yang menjadi korban tewas saat peristiwa banjir terjadi.

Selain memberikan bantuan kepada korban, Wibi juga menyerap aspirasi dan masukan atas musibah banjir yang menimpa masyarakat.

“Banjir ini terjadi sangat luar biasa, termasuk dampak dari banjir kali ini. Kita apresiasi kinerja-kinerja, termasuk wali kota, camat, lurah, RW hingga RT yang sigap melakukan evakuasi terhadap masyarakat,” ujar wibi Andrino, saat melihat kondisi masyarakat pasca banjir, di Kecamatan Cipinang, Jakarta, Sabtu (4/1).

Wibi sesekali menyapa warga yang tengah membersihkan rumah. Dia mengungkapkan rasa prihatin dan meminta maaf atas nama Pemprov dan DPRD DKI Jakarta. Wibi juga menerima masukan dan keluhan masyarakat atas insiden banjir kali ini.

Salah satu masukan diungkapkan Ali Halid (54) warga RT05/04, pemilik toko yang terkena imbas dari banjir ini.

“Alhamdulillah ada yang melihat kondisi kami. Banjir kali ini mas wibi menjadi yang terparah, selama bertahun-tahun. Toko saya rugi sekitar 300 juta, saya minta kepada mas Wibi untuk dipercepat, dituntaskanlah normalisasi Kali Sunter. Supaya Banjir ini bisa teratasi,” ungkap Ali saat disapa oleh Wibi bersama rombongan.

Menanggapi masukan tersebut, Politisi Partai NasDem ini menjelaskan bahwa dari DPRD DKI Jakarta telah menyetujui anggaran untuk Pemprov melakukan normalisasi Sungai Sunter.

“Ya, kita mendapatkan penjelasan dari warga bahwa warga telah bersedia dipindahkan, tetapi pembangunan normalisasi ini mandek atau lambat berjalannya. Padahal DPRD DKI Jakarta lewat Badan Anggaran kemarin, sudah menyetujui anggaran yang diminta oleh eksekutif. Jadi, apa masalahnya lagi, lakukan dong. Nanti ke depan saya akan memanggil dinas-dinas terkait untuk meminta kejelasan,” ungkap Legislator Partai NasDem tersebut.

Wibi mengamini permintaan Ali dan beberapa warga Cipinang Melayu untuk proses percepatan normalisasi. Dia akan mengusahakan normalisasi Kali Sunter dan Kali Malang, cepat dituntaskan dengan memanggil dinas-dinas terkait.

Wibi juga mengungkapkan perasaan harunya saat berdialog kepada warga sekitar yang masih bisa tersenyum atas musibah banjir kali ini.

“Warga Jakarta ini aga sedikit berbeda ya, walaupun mereka usai tertimpa musibah banjir, mereka masih bisa tesenyum, tertawa, bercanda dan memberikan ucapan terimakasih atas kunjungan kita. Ini menambah pilu saya, oleh karena itu fungsi dari DPRD bagian dari pemerintah daerah harus amat diperkuat sebagai bagian dari pengawasan,” tutur Wibi.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua DPW DKI Agus Lomboan mengatakan bahwa ini merupakan bagian dari tanggung jawab Partai NasDem sebagai pengayom dan penyalur lidah rakyat.

“Jadi kami hadir di sini untuk mengayomi dan menyalurkan apirasi masyarakat, karena itulah tugas NasDem. Semoga warga sekitar dapat bangkit dan kembali beraktivitas seperti sedia kala,” tutur Agus Lomboan saat diwawancarai.

Sesuai dengan keterangan bahwa DPW NasDem DKI Jakarta, telah mengirimkan sejumlah bantuan sosial kepada para korban banjir, di sejumlah titik. Bantuan ini akan terus di galang oleh NasDem bertujuan meringankan beban masyarakat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *