Nova Paloh Terjun Langsung Tinjau Lokasi Banjir di Rawasari

JAKARTA (6 Januari) – Anggota Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh terjun langsung ke lokasi pasca banjir di RW 06, Rawasari, Kelurahan Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Wilayah ini menjadi salah daerah yang terkena dampak parah akibat bencana banjir yang melanda hampir seluruh wilayah ibu kota.

Selain itu, Nova juga memberikan sejumlah bantuan kepada para korban, di antaranya berupa makanan, air minum, serta peralatan kebersihan. Dalam kesempatan tersebut, Nova berkeliling menyerap aspirasi warga.

“Ini kepedulian kita bersama, kami datang ke sini bersama pengurus DPP Partai NasDem dan kawan yang lainnya ingin kerja maksimal untuk DKI Jakarta,” ujar Nova, Minggu (5/1).

Usai meninjau langsung, Nova prihatin melihat kondisi pemukiman yang terkena dampak banjir. Hal tersebut diperparah dengan adanya beberapa rumah yang mengalami longsor. Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI dari Fraksi NasDem ini mengimbau kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk segera melakukan tindakan cepat di daerah Rawasari ini.

“Sampai hari ini kami belum melihat ada PPSU. Ketika kami berbicara dengan warga, masih ada rumahnya masih kotor dipenuhi lumpur padahal ini sudah hari kelima pasca banjir,” terangnya.

Menurut Nova, masalah kebersihan menjadi hal yang paling pertama harus dilakukan pasca banjir ini. Dia pun menyarankan kepada Pemprov DKI jika mengalami kekurangan tenaga untuk membersihkan sampah sisa banjir bisa menggandeng karang taruna atau yang lainnya dengan memberi wadah untuk bekerja bersama.

“Sanitasi lingkungan harus dibenahi pasca banjir ini. Masih terlihat ada beberapa rumah yang belum tersentuh dan ini harus segera dibersihkan. Kemudian, melakukan penyemprotan disinfektan, sehingga kesehatan masyarakat juga tetap terjaga,” ujarnya.

Ketua Garda Pemuda NasDem DKI Jakarta ini menjelaskan, upaya yang dilakukan selanjutnya adalah dengan malakukan pencegahan untuk menghindari kejadian-kejadian tidak diinginkan. Kemudian, saat ini hingga beberapa bulan ke depan langkah-langkah mitigasi harus dilakukan dengan saling bekerjasama antara masyarakat dengan unsur pemerintahan.

“Paling penting saya mengimbau mari kita benahi dulu masalah gorong-gorong di rumah kita, karena sampah-sampah dan pasir yang ada di gorong-gorong kalau tidak diangkat maka akan percuma,”

Nova juga juga mendorong perlu adanya kerja bakti yang harus dikeluarkan dalam waktu ke depan. Kemudian dijalankan juga ronda bersama untuk memantau kondisi air di sungai.

“Kita juga tidak tahu ke depan masih akan ada hujan, kemudian warga sedang tidur dan tiba-tiba air naik dan terjadi longsor lagi,” tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *