Masyarakat Diminta Dukung Program Larangan Mudik

JAKARTA (27 April) – Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menghentikan izin bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang masih nekat mengangkut penumpang. Sebab, hal itu tak sejalan dengan program pemerintah yang sudah jelas melarang mudik demi memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

“Kemenhub sebagai yang memiliki otoritas harus tegas dan berani melakukan penyetopan izin bus AKAP yang masih tetap nekat angkut penumpang dari Jakarta,” kata Wibi, di Jakarta, Sabtu (25/4).

Menurut Wibi, bila tak ada ketegasan dari Kemenhub dalam kebijakan larangan mudik, dikhawatirkan angka penyebaran Covid-19 terus meningkat. Oleh sebab itu, perlunya ada kerja sama antara PO dan pemerintah dalam menyukseskan program tersebut.

“Seluruh PO harus mendukung program pemerintah agar pandemi ini segera berakhir,” ujarnya.

Politisi NasDem ini berharap, masyarakat turut mendukung program larangan mudik. Sebab, di lapangan kerap ditemukan mobil pribadi yang berniat melakukan perjalanan jauh sebelum akhirnya disuruh petugas untuk berputar balik.

“Masyarakat juga harus menahan diri untuk tidak mudik pada tahun ini. Bila tetap memaksakan mudik, ditakutkan penyebaran Covid-19 terjadi di daerah yang masih hijau,” pungkasnya. (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *