Cegah Klaster Baru, Nova Paloh Minta JakWIFI Harus Jangkau Rumah Warga

JAKARTA (1 September) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan program Internet Untuk Semua – JakWIFI. Program berupa penyediaan wifi gratis di daerah-daerah yang tidak terjangkau layanan internet gratis.

Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi NasDem, Nova Harivan Paloh, mengatakan penyediaan internet gratis, JakWIFI, harus mampu menjangkau rumah-rumah warga. Jangkauan luas JakWIFI penting demi mengantisipasi kerumunan yang menjadi potensi penularan Covid-19.

“Kalau nanti dipasang satu spot, apakah satu spot itu bisa sampai belajar dari rumah. Jangan nanti berkerumun di spot wifi itu,” kata Nova, Senin, (31/8).

Legislator NasDem ini mengatakan pandemi Covid-19 di DKI Jakarta masih mengkhawatirkan. Pasalnya, penambahan kasus positif bisa mencapai 800 per hari.

Menurut Nova, jangkauan penggunaan fasilitas internet gratis itu harus diperluas. Langkah itu bisa mencegah munculnya klaster penularan baru di titik-titik JakWIFI.

“Jangan nanti di kasih spot untuk mereka berkerumun. Buat apa mereka disuruh belajar dari rumah kalau penularan jelas bisa terjadi di sana,” jelasnya.

Nova juga meminta Pemprov DKI bersama Satuan Tugas Penanganan Covid-19 untuk menyusun mekanisme penggunaan JakWIFI. Dia menyarankan internet gratis itu hanya diaktifkan di jam tertentu seperti jam sekolah.

“Setelah itu bisa dimatikan untuk mencegah berkerumun. Tapi alangkah bagusnya jaringan ini bisa menjaungkau sejumlah rumah yang ada disitu,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *