Wibi Ajak Kader NasDem DKI Jadi Penggerak Daur Ulang Sampah

JAKARTA (28 September) – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem DKI Jakarta menggelar webinar dengan tema ‘From Zero To Something, Mengenal Peluang Sampah Menjadi Nilai Rupiah Bagi Masyarakat DKI Jakarta’ melalui aplikasi Zoom, Senin (28/9).

Hadir dalam seminar online tersebut, Sekretaris DPW NasDem DKI Jakarta, Wibi Andrino, Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin, dan Founder ECO Business Indonesia, Eddy Fajar Prasetyo serta kader Partai NasDem dan peserta umum.

Dalam webinar tersebut, Wibi Andrino mengatakan, sampah bisa menjadi sesuatu yang berarti.

“Kita berbicara tentang barang yang sehari-hari dianggap suatu masalah yaitu sampah. Padahal kalau kita bisa mengolahnya, sampah bisa menjadi sesuatu yang berharga dan bisa menjadi barang yang punya nilai ekonomis,” ujar Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta itu.

Menurut Legislator NasDem Jakarta tersebut, masih banyak masyarakat dari sosiokultur membuang sampah sembarangan.

“Saya berharap kader-kader NasDem dapat menjadi penggerak dalam mengurangi jumlah sampah di Ibu Kota dengan mengajak masyarakat sadar dengan potensi daur ulang sampah untuk menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual,” tukasnya.

Sedangkan Syaripudin mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta tengah melakukan upaya mencapai target pengurangan sampah.

“Kami melakukan berbagai upaya dalam mengurangi sampah yaitu dengan pendampingan pengolahan sampah di masyarakat, peningkatan pengolahan bank sampah, pembinaan dan pengadaan sarana dan prasarana komposter, pengendalian sampah dari kegiatan/usaha dan kawasan mandiri, pengendalian sampah plastik sekali pakai, dan optimalisasi tempat pengelolaan sampah (TPS) Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R),” jelasnya.

Syaripudin menuturkan, peningkatan ekonomi sirkular pengolahan sampah terus dilakukan.

“Kita terus menyosialisasikan kepada masyarakat tentang mengubah sampah menjadi berkah. Salah satunya yaitu melalui bank sampah,” katanya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *