Cegah Begal Sepeda, Jupiter Minta Polisi dan Satpol PP Perketat Patroli

JAKARTA (3 November) – Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta meminta Satpol PP melakukan pengawasan di Jalan Sudirman-Thamrin guna mencegah terjadinya begal sepeda.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya memetakan lokasi rawan begal pesepeda di Jakarta dan sekitarnya. Salah satu titik rawan itu ada di Jalan Sudirman-Tahmrin. Kerawanan aksi begal ini terjadi pada pukul 06.00-09.00 WIB.

Anggota Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Ahmad Lukman Jupiter mengatakan, seharusnya personel Satpol PP bergantian untuk menjaga kawasan Sudirman-Thamrin. Dia meminta pengawasan itu dilakukan hingga malam hari.

“Misalnya dibuat bergantian hingga malam hari, hingga jam 10 malam, karena jam 8 malam masih banyak juga pesepeda yang melewati jalan protokol, karena ada jalur sepeda,” ujar Jupiter, Selasa (3/11).

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta ini menyarankan agar Satpol PP membentuk tim untuk penjagaan dengan sistem shift. Selain itu, Jupiter juga meminta aparat kepolisian melakukan pengamanan.

“Polda Metro apalagi sudah menyampaikan di daerah protokol, ini harus diawasi karena tingkat kerawanan tinggi. Untuk keamanan ketertiban masyarakat tentu aparatur kepolisian ini menurut saya juga harus diperbantukan untuk menjadi di wilayah jalan protokol. Misalnya pada sore hari, atau siang hari bergantian saja,” ujarnya.

Legislator muda NasDem ini menyebut begal sepeda sangat meresahkan masyarakat. Dia pun menyayangkan aksi tersebut terjadi, apalagi beberapa waktu lalu, DKI Jakarta mendapat penghargaan kota terbaik transportasi.

“Kerawanan ini juga sangat mempengaruhi citra baik kota Jakarta, ini kan sebuah peristiwa yang sangat dikecam oleh seluruh masyarakat. Kalau banyak begal otomatis tingkat kerawanannya tinggi yang membuat warga DKI jadi tidak nyaman,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *