Wibi Dorong Kepolisian Tindak Tegas Pesepeda Lewat JLNT

JAKARTA (3 November) – Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino mendesak kepolisian menertibkan pesepeda yang melewati Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca.

Legislator NasDem DKI ini prihatin dengan video yang mempertontonkan sekelompok pesepeda balap melaju di kawasan JLNT di Jakarta, seperti Pluit, Casablanca, dan lainnya.

“Kalau diperhatikan akhir-akhir ini jalur khusus mobil sering diserobot komunitas pesepeda yang membahayakan lalu lintas,” ujar Wibi, beberapa waktu lalu.

Dalam video berdurasi 11.35 menit itu, tampak puluhan pengendara sepeda sangat leluasa melintas jalanan sepi dari mobil. Sebelum melewati JLNT Casablanca, mereka juga sempat melintasi Flyover Pluit.

Wibi pun sangat menyesalkan tindakan rombongan pesepeda tersebut. Menurutnya, dari aspek keselamatan pesepeda sangat berisiko terjadi kecelakaan seperti tertabrak mobil dan lainnya.

“Apalagi kawasan JLNT biasanya diembus angin yang cukup kencang sehingga bisa mengganggu laju sepeda. Kedua, dari aturan hukumnya sepeda dilarang melintas kawasan tersebut,” tambahnya.

Wibi yang duduk di Komisi A DPRD DKI Jakarta berharap polisi menindaklanjuti para pesepeda yang melanggar aturan lalu lintas. Dia menambahkan, sebaiknya polisi tidak perlu menunggu ada insiden melainkan ambil langkah pencegahan.

“Masyarakat jangan terpancing melakukan tindakan serupa. Para persepeda harus tertib. Jangan cuma fisiknya yang sehat tapi otaknya sakit,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *