Abdul Azis Muslim Harap Komunitas Onthelis Tetap Terjaga

JAKARTA (17 November) – Meski berusia tua dan langka, sepeda ontel masih diminati masyarakat Jakarta yang gemar berolahraga sepeda. Beberapa dari mereka bahkan ada yang membentuk komunitas untuk menyalurkan hobi menunggangi sepeda tua itu.

Pada kesempatan kali ini, Kodam (Komunitas Onthel Daan Mogot), Jakarta Barat, mengadakan perayaan ulang tahunnya yang ke 14 sekaligus pengukuhan pengurus Kodam yang baru. Serangkaian acara digelar di pelataran Kompleks Ruko Daan Mogot Baru, Jakarta Barat, Minggu (15/11).

Dengan peserta yang mencapai 250 orang, acara Onthelis Sepeda Tua tak lengkap jika tidak disertai keliling dengan bersepeda bersama-sama.  Keseluruhan acara tetap menggunakan protokol kesehatan.

“Tujuan kita ingin melestarikan sepeda ontel agar tidak punah. Kita juga mau ajak masyarakat berolahraga sepeda. Apalagi sekarang sudah ada jalur khusus sepeda,” kata Abdul Azis Muslim, Ketua DPD NasDem Jakarta Barat, Minggu (15/11)

Sekretaris Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta itu menambahkan, kegiatan melestarikan sepeda tua juga menjadi salah satu upaya untuk membiasakan transportasi ramah lingkungan tanpa polusi sekaligus sebagai olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan.

“Sepeda onthel ini juga bisa menjadi wisata yang murah serta membantu mempromosikan pariwisata daerah tentunya,” tegas Abdul Azis.

Legislator NasDem DKI Jakarta itu pun berharap, kekompakan dan eksistensi komunitas itu tetap terjaga. Karena menurutnya, sepeda onthel memiliki cerita ataupun kenangan masing-masing terutama bagi para pemiliknya pada masanya.

“Saya berharap para pecinta sepeda onthel (onthelis) bisa berkoordinasi dengan komunitas onthelis lainnya agar semakin banyak warga yang gemar ngonthel di Jakarta,” kata Abdul Azis.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *