Jupiter Harap Pemprov Beri Keringanan Pajak untuk Warga DKI

JAKARTA (30 November) – Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta dari Fraksi NasDem, Ahmad Lukman Jupiter, menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) tentang Pajak di dua titik di Jakarta Barat, yakni Kelurahan Jatipulo, Palmerah, dan di Kelurahan Tangki, Tamansari, Jakarta Barat.

Dalam Sosperda tersebut, Jupiter mengaku prihatin terhadap beban pajak yang harus dibayar masyarakat. Menurutnya dengan kondisi Covid-19 saat ini pajak tersebut sangat membebani rakyat kecil.

“Memang pembangunan Kota DKI Jakarta ini tidak lepas dari pajak yang dibayar oleh warga DKI Jakarta. Namun dalam hal ini di mana kondisi ekonomi sekarang sedang menurun akibat pandemi Covid-19,” kata Jupiter, Minggu (29/11).

Jupiter mengatakan, saat ini banyak masyarakat terasa berat sekali membayar pajak PBB maupun pajak kendaraan bermotor lantaran dampak Covid-19. Untuk itu, dia berharap Pemprov DKI Jakarta dapat memberikan kelonggaran pajak PBB dan pajak kendaraan bermotor kepada warga DKI Jakarta.

“Terkait pajak PBB dan Kendaraan Bermotor itu sangat berat dirasakan rakyat kecil. Jadi mungkin itu bisa dipikirkan kembali oleh Pemprov DKI Jakarta apakah bisa diberikan potongan atau solusi lainnya,” ujarnya.

Legislator muda NasDem ini mengungkapkan terdapat lima pajak yang akan mengalami kenaikan tarif. Namun, pihaknya menolak kenaikan pajak yang dirasa akan membebani masyarakat kecil.

“Kelima pajak tersebut meliputi, tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Parkir, Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB),” pungkasnya. (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *