Pemerintah Diminta Perlu Sosialisasikan Lagi Penanganan Covid-19

JAKARTA (7 Januari) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta kembali melakukan sosialisasi penanganan Covid-19 melalui publikasi informasi yang kuat dan sesuai kebutuhan masyarakat. Hal ini lantaran masih banyak warga Jakarta yang kebingungan jika ada kerabatnya terpapar Covid-19.

“Ketika orang terpapar Covid-19 apa yang harus dilakukan, masyarakat belum tahu dan kebingungan,” ungkap Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh, Rabu (6/1).

Nova Paloh juga mengaku sering mendapatkan pesan Whatsapp atau telepon dari masyarakat terkait kebingungan tersebut. Kebanyakan warga, lanjut Nova, membawa kerabat mereka yang terpapar Covid-19 langsung ke rumah sakit, lalu ditolak karena ruang perawatan di RS Covid-19 sudah penuh.

“Akhirnya bingung di bawa ke sana ke mari dalam ambulans. Oksigen di ambulans juga berkurang karena sudah muter ke mana-mana. Kan kasihan seperti itu,” kata Legislator NasDem DKI Jakarta itu.

Padahal, lanjut Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta itu, seharusnya jika ada kerabat yang positif Covid-19, diinformasikan dulu ke puskesmas terdekat. Nanti tim kesehatan puskesmas akan mengecek terlebih dahulu dan memberikan rekomendasi. Sebab jika dibawa ke rumah sakit akan sulit langsung tertangani lantaran kapasitasnya sudah penuh. (MI/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *