Dinkes DKI Harus Jelaskan Terkait Penerima Vaksinasi Bukan Prioritas

JAKARTA (9 Februari) – Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta dari Fraksi NasDem Ahmad Lukman Jupiter meminta agar pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta tidak gegabah dalam hal memberikan vaksin Covid-19. Jupiter mengingatkan Dinkes DKI agar memberikan vaksin sesuai dengan ketetapan yang telah ditentukan oleh pemerintah.

“Saya ingatkan kepada Dinkes DKI Jakarta dalam memberikan vaksin harus sesuai dengan arahan dari Pemerintah dimana tenaga kesehatan menjadi yang pertama dalam penerimaan vaksin Covid-19”. Ungkap Jupiter.

Diberitakan, warga Jakarta digegerkan dengan beredarnya sebuah video yang menampilkan sejumlah orang tengah menunggu antrean untuk melakukan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas tepatnya di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Beredarnya video tersebut mengundang reaksi luas masyarakat karena program vaksinasi dari pemerintah belum dibuka untuk kalangan umum atau mandiri. Saat ini vaksinasi Covid-19 masih difokuskan untuk kelompok prioritas dan salah satunya adalah tenaga kesehatan.

Jupiter mempertanyakan kebenaran dari video tersebut. Dia meminta agar pihak terkait menelusuri video tersebut dan menjelaskan kepada masyarakat.

“Dinkes DKI Jakarta harus bisa menjelaskan masa ada pemberian vaksin kepada warga bukan prioritas di Puskesmas,” ujarnya.

Legislator NasDem ini menduga adanya oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja mengkomersilkan vaksin Covid-19 kepada masyarakat yang bukan termasuk sebagai kategori prioritas penerima vaksin.

“Kalau seperti itu dimana rasa keadilan untuk masyarakat yang tidak mampu bayar,” tegasnya. (BP/FM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *