Siaga Banjir, Nova Paloh Serahkan Bantuan Pelampung untuk Komunitas Ciliwung Gema Bersuci

JAKARTA (8 Februari) – Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi NasDem, Nova Harivan Paloh menyerahkan bantuan pelampung dan thermogun kepada Komunitas Ciliwung Gema Bersuci (Gerakan Masyarakat Bersih Sungai Ciliwung) di Jalan Kemuning I  RT 11 RW 6 Pejaten Timur, Jakarta Selatan.

Bantuan ini sebagai bentuk perhatian Nova Paloh terhadap warga berdasarkan hasil reses di bulan Desember tahun lalu.

“Saya hadir untuk melihat langsung kondisi banjir di sini sekaligus memberikan bantuan seperti pelampung yang nantinya akan bisa digunakan untuk membantu mengevakuasi warga,” ujar Nova, Senin (8/2).

Intensitas hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari ke belakang membuat kondisi Jakarta di sejumlah wilayah mengalami banjir. Nova pun mengatakan bahwa lokasi di Pejaten Timur ini merupakan lokasi genangan air yang tinggi sekali karena wilayah ini berdekatan dengan kali Ciliwung.

“Biasanya saya ke sini di bawahnya masih ada turunan lima puluh meter lagi tetapi tadi sudah masuk ke daerah perumahan,”ungkapnya.

Nova mengatakan, sebenarnya wilayah ini sudah masuk ke titik normalisasi dimana pihak Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta sudah melakukan beberapa kali pengecekan dan masih dalam proses terkait anggaran. Legislator NasDem ini pun berharap agar target untuk normalisasi sungai ini agar segera tuntas.

“Dalam pembahasan anggaran di 2021 kemarin itu sudah ada dana penanggulangan ekonomi nasional, artinya dana tersebut yang untuk alokasi banjir,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, di masa pandemi Covid-19 ini Nova juga tak lupa mengingatan kepada warga untuk memperhatikan protokol kesehatan agar jangan sampai tempat penampungan warga yang terkena masalah banjir menimbulkan kluster baru.

Haji Royani selaku pendiri Komunitas Ciliwung Gema Bersuci menyampaikan rasa terimakasih kepada Nova Paloh atas pemberian pelampung yang akan sangat bermanfaat dalam mengevakuasi masyarakat yang terkena banjir dan mungkin menjadi tanggap darurat apabila ada orang yang hanyut di sungai Ciliwung ini.

“Ini sesuatu yang baik karena kalau kita dikasih uang nanti abis kalau kita dikasih pelampung insya Allah akan manfaat yang panjang,” ujar Royani. (BP/FM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *