Peran Security Penting sebagai Garda Terdepan Pencegahan Covid-19

JAKARTA (21 Februari) – Security atau pihak keamanan bisa dibilang sebagai salah satu garda terdepan dalam mencegah penularan Covid-19 yang saat ini masih terjadi di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta.

Para security ini mempunyai kewajiban dalam meningkatkan protokol kesehatan kepada masyarakat di lingkungan tempat mereka bekerja, seperti di mal, perkantoran, perumahan hingga apartemen.

Hal inilah yang mendorong Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi NasDem, Abdul Azis Muslim menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) No 2 Tahun 2020 mengenai Penanggulangan Covid-19 kepada para Security di Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Azis mengatakan bahwa terkadang orang-orang tidak memperhatikan peran security yang merupakan satgas (satuan tugas) terdepan di lingkungan kerjanya dalam hal protokol kesehatan.

“Orang-orang tidak sadar bahwa security itu garda terdepan, dia adalah Satgas Covid-19 di wilayahnya, mereka harus menegur ketika ada pengunjung atau tanent yang tidak menggunakan masker itu kewajiban mereka untuk mengingatkan agar supaya penyebaran Covid-19 ini tidak terjadi,” ujar Abdul Azis, Minggu (20/2).

Menurut Abdul Azis, para security di lingkungan kerjanya setiap saat bertemu dengan banyak orang yang berbeda-beda. Mereka tidak mengetahui para pengunjung atau tenant tersebut apakah terpapar virus corona ini atau tidak. Untuk itu, pihak security wajib mengingatkan akan protokol kesehatan. Namun, Azis mengingatkan, sebelum menegur para pengunjung, pihak security tersebut harus mematuhi protokol kesehatan itu sendiri.

“Ketika mereka akan menegur seseorang mereka harus sadar dulu dirinya mengenai perlengkapan dirinya sudah lengkapkah saya untuk menegur orang ketika dia aja belum lengkap nanti bisa dibalikin,” tambahnya.

Seakan tidak lupa akan latar belakangnya sebelum menjadi anggota dewan yaitu pernah menjadi security, Ketua DPD NasDem Jakarta Barat ini juga mengingatkan terhadap pihak security akan bahayanya Covid-19 yang sedang terjadi saat ini

“Mengingatkan sesama itu ibadah, kita tidak membedakan siapa dia anggota security harus berani menegur demi kedisiplinan tentunya dengan cara tegas dan sopan,” jelasnya.

Legislator NasDem yang sering disapa dengan Bang AAM ini berharap agar pihak security setelah sosialisasi ini bisa mengetahui dan dapat menularkan apa yang telah disampaikan dalam acara sosialisasi tentang bahaya Covid-19 di lingkungan kerja mereka masing-masing.

“Apa yang di dapat pada hari ini untuk sosialisasi Covid-19 ini mereka tularkan di tempat kerja masing-masing Insya Allah ini bermanfaat bagi kita semua untuk mencegah Covid-19 ini,” tutupnya. (BP/FM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *