Masih Jauh dari Target, NasDem DKI Desak Pemprov Realisasikan Luas RTH

JAKARTA (1 Maret) – Fraksi NasDem DKI mendorong Dinas Pertamanan dan Kehutanan agar merealisasikan jumlah Ruang Tebuka Hijau (RTH) yang menjadi target Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Saat ini, keberedaan RTH di wilayah DKI Jakarta hanya mencapai sekitar 8% saja. Padahal, kebutuhan tersebut minimal mencapai 30% sesuai dengan target dari Pemprov DKI Jakarta.

Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi NasDem, Nova Harivan Paloh mengatakan perluasan melalui pembangunan dan penataan RTH terutama dimusim penghujan, bisa menjadi salah satu solusi pengurangan banjir di Jakarta.

“RTH ini harus kita fokuskan sesuai Undang-undang, sebab target RTH kita harus mencapai 30% loh. Saya juga yakin dengan ini bisa juga menjadi solusi pengurangan banjir, maka dari itu kegiatan ini memang seharusnya jadi kegiatan prioritas Dinas Pertamanan,” ujar Nova saat rapat Komisi D DPRD DKI dengan Dinas Pertamanan dan Kehutanan, Senin (1/3).

Di kesempatan tersebut, Nova juga membahas mengenai pemakaman pasien Covid-19 yang bisa dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU). Dirinya meminta penjelasan dari Dinas Lingkungan Hidup apakah ini suatu hal yang deperbolehkan atau tidak, sebab hal tersebut menjadi perhatian masyakarat luas.

Legislator NasDem ini mengatakan, kebutuhan untuk pemakaman di masa pandemi memang sangat meningkat. Namun, kondisi tersebut jangan sampai menjadi polemik di masyarakat.

“Karena selama ini korban meninggal akibat Covid-19 harus diberikan perlakuan khusus dalam proses pemakamannya agar virus Covid-19 tidak menyebar atau mengkontaminasi tanah,” tutupnya. (BH/FM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *