Komisi D Evaluasi Program Pengelolaan Sampah Dinas LH

JAKARTA (09 Maret) – Komisi D DPRD Provinsi DKI Jakarta menggelar rapat kerja bersama Dinas Lingkungan Hidup, Selasa (9/3). Dalam kesempatan itu, Komisi D DPRD DKI Jakarta mengevaluasi pelaksanaan kegiatan anggaran Dinas Lingkungan Hidup di sepanjang tahun 2020. 

Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi NasDem Nova Harivan Paloh, yang hadir dalam rapat kali ini membahas beberapa poin yang disampaikan kepada Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengenai masalah pengelolaan sampah.

Pertama terkait pengurangan sampah di DKI Jakarta yang berbasis Teknologi, ITF dan RDF. Nova mengatakan bahwa pengurangan sampah yang berbasis teknologi sampai saat ini masih berjalan di tempat dan tidak ada kemajuan sama sekali.

Dalam rapat tersebut, Nova menyayangkan program TPS 3R yang saat ini terkesan sia-sia, karena yang terjadi di lapangan adalah sampah-sampah yang sudah dipilah justru disatukan kembali saat diangkut oleh truk-truk Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

“Ini sangat disayangkan dan terhitung mubazir, bagaimana langkah dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta selanjutnya,” ujar Nova, Selasa (9/3).

Dalam rapat tersebut, Nova juga mempertanyakan terkait efektivitas larangan penggunaan kantong plastik yang sudah dilakukan di berbagai pasar tradisional dan pasar modern.

“Kalau saya lihat di beberapa tempat sudah tidak ada lagi, tapi sudah membawa kantong dari rumah, tapi saya ingin tahu angka pengurangan sampah plastik sejauh mana, sudah seberapa efektif ,” ujarnya.

Terakhir, Nova juga mempertanyakan terkait masalah pembuangan sampah B3, seperti aki motor, baterai dan limbah kimia atau elektronik lainnya. Menurutnya, saat ini masih banyak warga yang belum mengetahu kemana  mereka harusmembuang sampah B3 ini agar tidak mencemari lingkungan. (BP/FM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *