Garda Pemuda NasDem DKI Gelar Donor Plasma Konvalesen

JAKARTA (13 Agustus) – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garda Pemuda NasDem DKI Jakarta melaksanakan kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen. Kegiatan tersebut guna membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19.

Kegiatan donor dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 13-14 Agustus 2021 yang berlokasi Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dan Anggota Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta.

Ketua Garda Pemuda NasDem DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh mengatakan, kegiatan donor plasma konvalesen ini merupakan bagian dari program Pemuda Siaga Pandemi Berderma (Bersama Donor Plasma) yang dilaksanakan secara serempak di 34 provinsi di Indonesia.

“Meningkatnya kasus positif Covid-19 disertai dengan meningkatnya jumlah permintaan plasma konvalesen di Jakarta menggerakan kami untuk turut berperan serta membantu Pemerintah dan masyarakat yang membutuhkan plasma tersebut,” ujar Nova, Jumat (13/8/2021).

Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta ini menjelaskan, syarat untuk menjadi seorang pendonor plasma konvalesen adalah usia di atas 17 tahun, lalu pernah dinyatakan sebagai pasien yang terkonfirmasi Covid-19 selama dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Kemudian dinyatakan negatif dan kondisinya dalam keadaan sehat.

“Syarat lain dari kegiatan donor plasma konvalesen ini diutamakan pria. Bagi wanita ingin beraprtisilasi mengikuti kegiatan ini disyaratkan belum pernah hamil. Jika sudah pernah hamil jarak kehamilan atau keguguran terakhir harus 12 tahun ke atas,” jelasnya.

Dirinya menargetkan peserta dari pendonor sebanyak 50 orang di setiap harinya.

“Target hari ini karena kita juga masih dalam suasana pandemi adalah sekitar 50 orang. Kalau tidak bisa di sini nanti bisa langsung ke PMI saja,” tambahnya.

Nova berharap dengan gerakan nyata menjadi momentum bersama dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

“Semoga dengan adanya kegiatan positif seperti ini,dapat membangkitkan semangat para anggota Garda Pemuda NasDem untuk melayani dan membantu sesama,” pungkasnya. (BP/FM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *