NasDem Dorong Pemerintah Beri Permodalan Tanpa Bunga untuk Pelaku UMKM

JAKARTA (18 Agustus) – Pemerintah diminta untuk memberikan permodalan tanpa bunga kepada para pelaku UMKM demi menjaga para pelaku usaha tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta dari Fraksi NasDem, Ahmad Lukman Jupiter. Menurutnya, kesulitan permodalan menjadi kendala bagi pelaku UMKM.

Jupiter mengatakan kebijakan PPKM Darurat yang kembali diberlakukan oleh Pemerintah saat ini membuat para pelaku UMKM gulung tikar. Menurutnya, peran pemerintah pusat dan daerah sangat diperlukan untuk membantu para pelaku UMKM agar tidak kehilangan mata pencahariannya.

“Jadi kita sedang mendorong kepada Dinas Ketenagakerjaan tentu di masa PPKM ini kita tahu ekonomi di DKI Jakarta sedang menurun dan banyaknya juga pengangguran. Kita mendorong pemerintah untuk memberikan permodalan tanpa bunga,” ujar Jupiter. Selasa (17/8/2021).

Politisi NasDem ini berharap pemerintah juga memberikan pelatihan-pelatihan untuk pelaku UMKM agar bisa bersaing dan berkembang di era digital saat ini.

“UMKM ini harus terus dibina agar mereka bisa survive dan terus mengembangi usaha yang telah mereka geluti sejak lama,” ujarnya,

Jupiter menambahkan, saat ini belum ada kerjasama antara Pemprov DKI dengan BUMN dalam hal membantu permodalan para pelaku UMKM.

“Kita tahu jumlah BUMN sangat banyak, tentu ini menjadi sarana fasilitas yang diberikan sebagai uluran tangan dari pemerintah pusat dalam membantu UMKM yang ada di DKI Jakarta ini,” imbuhnya. (BP/FM).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *