Legislator NasDem Ingin Kesenian Gambang Kromong Dihidupkan Kembali

JAKARTA (24 Agustus) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta untuk memfasilitasi para mahasiswa atau relawan yang mengajar mengaji kepada anak-anak, khususnya dari kalangan kurang mampu di ibu kota. Fasilitasi tersebut nantinya bisa berupa tempat untuk kegiatan mengajar.

Demikian disampaikan Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi NasDem, Hariadi Anwar saat rapat Komisi E DPRD DKI dengan Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, serta Dinas Kebudayaan, beberapa waktu lalu.

Pada rapat yang digelar Gedung DPRD DKI Jakarta, Hariadi Anwar meminta kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk bisa memfokuskan programnya mengenai Perpustakaan Digital. Hal tersebut untuk mendukung proses belajar siswa di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Di masa pandemi saat ini sangat di butuhkan konsumsi bacaan bagi para pelajar khususnya mereka yang gemar membaca, yang masih harus menjalani sekolah secara daring,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, legislator yang tergabung dalam grup Orkes Moral Pancaran Sinar Petromak (PSP) ini menyoroti kesenian Betawi yang sudah mulai ditinggalkan generasi muda. Dirinya pun meminta Pemprov DKI untuk menghidupkan lagi kesenian-kesenian Betawi, salah satunya adalah Gambang Kromong yang saat ini sudah mulai hilang keberadaannya di ibu kota.

“Saya meminta agar Pemprov DKI bisa menghidupkan kembali produksi alat musik Gambang Kromong serta mencari tenaga pengajarnya untuk nanti bisa mengajarkan kepada anak-anak muda, karena menurut saya syair-syair yang dihasilkan dari Gambang Kromong adalah berisi kejujuran hati dari pelantunnya,” tutupnya. (BH/FM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *