Karang Taruna Diminta Ikut Lestarikan Kesenian Betawi

JAKARTA (4 September) – Para pemuda di DKI Jakarta melalui karang taruna diminta untuk melestarikan seni kebudayaan daerah. Salah satu kebudayaan Betawi yang saat ini mulai dilupakan oleh generasi muda adalah Gambang Kromong.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi NasDem, M Hariadi Anwar saat melaksanakan kegiatan Serap Aspirasi Masyarakat (Reses) yang digelar di Jalan Pintu Air 3 RT 013/02, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Selasa (31/08/2021).

“Waktu zamannya Benyamin Sueb dulu seni kebudayaan itu top banget, sekarang sudah dibilang hampir hilang seni budayanya,” ujar Hariadi Anwar.

Legislator yang akrab disapa Ade Anwar ini mengatakan bahwa dirinya pernah menanyakan ke Suku Dinas (Sudin) Kebudayaan DKI Jakarta mengenai peralatan dan tempat berlatih untuk kesenian gambang kromong.

Berdasarkan keterangan Sudin Kebudayaan DKI Jakarta bahwa Pemprov DKI telah menyediakan semua peralatan gambang kromong beserta dengan pelatihnya. Dirinya pun berharap para anak muda yang berlatih gambang kromong akan diperkenalkan melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Insya Allah nanti kita bawa ke DKI dan ke wali kota apabila ada kegiatan di sana tolong gambang kromong yang dari anak anak muda ini juga diperkenalkan disana,” tutupnya. (BH/FM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *