Fraksi NasDem Desak Pemprov DKI Segera Inventarisir Fasos-Fasum

JAKARTA (19 Oktober) – Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta agar dapat merealisasikan seluruh lokasi peningkatan kulaitas permukiman yang terdapat dalam lampiran Peraturan Gubernur no 90 tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Pemukiman Dalam Rangka Penataan Kawasan Pemukiman Terpadu.

Hal ini dikarenakan masih banyaknya ditemukan beberapa daerah yang membutuhkan penataan pemukiman secara terpadu terutama dalam aspek penataan fisik lingkungan yang masih kurang maksimal dan banyak yang tidak terealisasikan.

“Sebagai contoh di RW 02 Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, serta RW 05 Kelurahan Pegadungan Kecamatan Kalideres. tidak terealisasikanya penataan pemukiman tersebut dapat berimplikasi terjadinya banjir di daerah tersebut,” kata M Hariadi Anwar, Anggota Fraksi NasDem DPRD DKI, saat membacakan Pandangan Umum Fraksi Partai NasDem DPRD Provinsi DKI Jakarta, Selasa (19/10/2021),

Terkait prasarana, sarana dan utilitas umum, Hariadi Anwar mengatakan masih ditemukan atau belum terpenuhinya kewajiban pengembang dalam penyerahan prasarana, sarana dan utilitas umum kepada pemerintah daerah.

Hal ini, lanjutnya, sesuai dengan Peraturan Daerah no 7 Tahun 2012 Tentang Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum dibagian penjelasan pada pasal 13 huruf c, dimana penyerahan prasarana, sarana, dan utilitas umum harus diserahkan oleh pengembang kepada pemerintah daerah paling lama 6 (enam) bulan terhitung sejak selesainya pembangunan.

Dirinya mencontohkan seperti yang terjadi di perumahan Green Garden Jakarta Barat. Pengembang belum melaksanakan penyerahan fasos dan fasum daerah tersebut, sehingga akan berimplikasi kepada kondisi fisik lingkungan yang tidak terpelihara.

“Oleh karena itu, Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta mendorong Pemprov DKI Jakarta agar dapat menginventarisir seluruh fasos dan fasum yang belum diserahkan pengembang kepada pemerintah daerah, sesuai dengan Perda no 7 tahun 2012, sehingga seluruh pembangunan di DKI Jakarta dapat terlaksana dan berjalan harmonis,” imbuhnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *