Raih Gelar Kehormatan Tokoh Betawi, Bang Yos: Ini adalah Amanah

JAKARTA (1 November) –  Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007, Sutiyoso mendapat gelar kehormatan Tokoh Adat Betawi dari Badan Musyawarah Betawi (Bamus Betawi). Pemberian penghargaan diselenggarakan di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Minggu, (31/10).

Pria yang akrab disapa Bang Yos ini merasa bangga dan bersyukur dengan Gelar Kehormatan Tokoh Betawi yang diberikan Bamus Betawi tersebut. Penganugerahan gelar Kehormatan Tokoh Adat Betawi ini kata dia merupakan sebuah amanah.

“Sekali lagi, ini adalah amanah, walaupun saya di luar balai kota, saya akan terus memperhatikan dan menyosialisasikan soal budaya Betawi. Terima kasih,” ujar Sutiyoso.

Letnan Jenderal TNI (Purn) ini juga secara khusus mengucapkan terima kasih kepada warga Betawi. Terlebih, selama 10 tahun terakhir, ia kerap dipanggil nama ‘Bang’ ketika bertemu berbagai banyak orang di berbagai daerah. Bang, kata dia, selama ini identik dengan panggilan di masyarakat Betawi.

“Artinya, bang itu orang Betawi, itu melekat ke diri saya. Saya bahkan dipanggil Bang Yos di mana-mana, bukan di Jakarta saja, luar Jakarta, luar Pulau Jawa pun Bang Yos. Di luar negeri dipanggil Bang Yos,” ujar kepala Badan Intelijen Negara (BIN) periode 2015-2016 tersebut.

Anggota Dewan Pertimbangan DPP Partai NasDem ini juga merasa senang dan terharu karena kembali menginjakkan kaki di Balai Kota Jakarta, tempat dia bekerja dahulu, memimpin Jakarta selama dua periode lamanya.

“Saya bersyukur bisa masuk ke tempat ini lagi setelah 14 tahun saya tidak masuk ke ruangan ini. Saya tadi merasa sangat terharu,” imbuhnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *