Ketua Fraksi NasDem DKI Desak Perda Bantuan Hukum Jadi Usulan Prioritas

JAKARTA (10 November) – Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Provinsi DKI Jakarta, Wibi Andrino mendesak agar Perda Bantuan Hukum menjadi usulan prioritas dalam Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) 2022.

Hal tersebut disampaikan Wibi dalam rapat pimpinan gabungan (Rapimgab), yang digelar di Ruang Rapat Serbaguna DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021).

Wibi melayangkan kritik soal wakil rakyat yang selalu berbicara tentang pertanggungjawaban, mulai dari tanggung jawab lingkungan, jaringan utilitas dan lain-lain, tetapi berbicara soal membela keadilan terhadap orang kecil wakil rakyat justru berada dalam pada posisi abu-abu.

“Hampir 10 juta kurang lebih masyarakat DKI setiap harinya harus dapat memahami dan dihadapkan dengan Perda-Perda yang kita susun. Namun mereka tidak mempunyai ruang yang optimal, bilamana dirasa dari segi ketimpangan hukum maupun Perda-Perda yang tidak memihak kepada mereka, ke mana mereka mengadu?,” kata pria yang karib disapa Bang Wibi ini.

Peraih gelar Magister Hukum UGM ini menjelaskan, Jakarta memang telah memberikan hibah kepada Organisasi Bantuan Hukum (OBH). Tetapi, kata Wibi, itu masih sangat minor, terkait keberpihakan dan konsistensi daripada pemerintahan terhadap permasalahan hukum di Jakarta.

“Fraksi NasDem berpendapat bahwasanya dalam forum ini kami meminta agar dikembalikan lagi kepada Bapemperda agar usulan ini menjadi usulan prioritas dalam Bapemperda 2022,” kata dia [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *