NasDem Apresiasi Pembangunan Kampung Susun Bayam di Jakarta Utara

JAKARTA (10 Mei) – Fraksi NasDem DKI mengapresiasi sikap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menunaikan janjinya kepada warga Kampung Bayam di dekat Jakarta International Stadium (JIS) Jakarta Utara. Pembangunan Kampung Susun Bayam ditargetkan selesai pada September atau sebulan sebelum Anies pensiun 16 Oktober 2022.

“Pembangunan Kampung Bayam ini adalah Janji kampanye dari Bapak Anies Baswedan kepada para warga yang terdampak oleh pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) dan alhamdulillah Pak Anies menepati janji tersebut,” kata Ketua Fraksi NasDem DKI, Wibi Andrino, Senin (9/5/2022).

Politisi NasDem ini melihat, penataan Kampung Susun Bayam yang menggunakan konsep mezzanine atau hunian tumbuh. Meski dimensi bangunannya tidak besar, tapi masyarakat dapat berkegiatan di rumah tanpa merasa sempit.

Di bagian atas bisa digunakan sebagai tempat tidur, dan di bagian bawahnya dipakai untuk bekerja atau belajar bgi anak-anak. Konsep ini dibuat karena belajar dari pengalaman pandemi Covid-19 yang mengharuskan warga lebih sering di rumah untuk menghindari penularan.

Bahkan, kata dia, pemerintah daerah juga menyiapkan lokasi pertanian di sana, sehingga warga setempat tidak kehilangan mata pencahariannya. Dia optimis, hunian di sana akan lebih berproduktif, dan warga juga tidak kesulitan memperoleh duit untuk biaya perawatan rumahnya.

“Hal yang sangat baik, karena pembangunan tersebut merupakan pembangunan hunian produktif dimana Pemprov DKI juga membangun kawasan pertanian untuk masyarakat disana yang mayoritas berprofesi sebagai petani sehingga warga disana tidak beralih profesi dan tetap bekerja sesuai keahliannya,“ ujarnya.

Legislator yang duduk di Komisi C DPRD DKI ini juga menilai, adanya lapangan pekerjaan yang di ciptakan oleh Pemprov DKI Jakarta di sektor pertanian merupakan langkah yang sangat baik bagi kemajuan perekonomian warga DKI Jakarta.

“Kami berharap mereka tidak kebingungan untuk mengurus huniannya nanti dengan adanya lapangan pekerjaan yang diciptakan Pemprov DKI Jakarta lewat sektor pertanian. Itu adalah langkah yang cerdas dan sangat baik,” pungkasnya. (RO/BH/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *