Nova Paloh Minta Dinas LH Lebih Inovatif Atasi Persoalan Sampah di DKI

JAKARTA (18 Mei) – Permasalahan sampah di ibu kota masih menjadi masalah klasik yang belum terselesaikan. Dalam sehari ribuan ton sampah dihasilkan DKI Jakarta. Berbagai metode pun dilakukan untuk mengatasi persoalan sampah di Jakarta.

Salah satu yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta adalah pembangunan pengelolaan sampah berskala besar seperti ITF (Intermediate Treatment Facility). Namun, pembangunan fasilitas sampah tersebut masih membutuhkan waktu untuk segera bisa terealisasi.

Menanggapi permasalahan tersebut, Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh mengusulkan kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk lebih mengoptimalkan kegiatan pengelolaan sampah yang lebih inovatif.

“Saya melihat ketika banjir permasalahan sampah ini sangat merepotkan, seperti di pintu air Manggarai banyak sampah yang tersangkut di sana, ada kasur, meja, kursi dan lain sebagainya. Kita mau Dinas LH ikut memikirkan permasalahan tersebut,” ujar Nova Paloh, Selasa (17/05/2022).

Legislator NasDem ini juga mendorong  agar program bank sampah di setiap RW bisa berjalan lenbih inovatif di era digital saat ini. Dengan demikian, masyarakat bisa lebih aktif dan semangat untuk berpartisipasi mengelola sampah di bank sampah.

“Di era digital saat ini, Bagaimana kita mengelola sampah ini biar masyarakt lebih semangat, dengan pagu anggaran kita saat ini inovasi apa lagi yang harus dihadirkan,” kata Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI ini.

Kemudian, dikatakan Nova, yang masih menjadi PR dalam pengelolaan sampah adalah saat proses pengangkutan yang tidak dipilah, tetapi kerap kali dijadikan satu kembali. Hal ini tentu menyia-nyiakan upaya yang sudah dilakukan warga dalam memilah sampah.

“Sampah yang sudah terpilah baik di rumah maupun di bank sampah saat pengangkutan masih dijadikan satu truk pengangkut sehingga hal ini terasa kegiatan yang percuma karena akan tercampur kembali saat masuk di truk pengangkut sampah.” pungkas Nova. (AR/FM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *