Masih Banyak Orangtua Bingung, Wibi Andrino Minta Pemprov DKI Aktif Sosialisasikan PPDB 2022

JAKARTA (18 Mei) – Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta lebih aktif melakukan sosialisasi tahapan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022. Pasalnya, masih banyak orangtua siswa di Jakarta yang tidak mengerti tata cara pendaftaran dan banyak yang tak bisa mengakses media sosial.

Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino pun meminta Pemprov DKI menerangkan secara ringkas porses pendaftaran agar tidak menyulitkan orangtua calon peserta didik.

“Dalam sosialisasi pendaftaran PPDB tahun ajaran 2022/2023 dianjurkan agar dibuat lebih ringkas dan bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Pasalnya, tidak semua orangtua siswa dapat mengakses media sosial, alhasil para orangtua terkendala proses pendaftaran,” ujar Wibi, Rabu (18/5/2022).

Anggota Komis C DPRD DKI Jakata juga meminta Pemprov DKI terus memperbaiki sistem PPDB online yang seringkali bermasalah. Dia berharap, PPDB yang merupakan program Dinas Pendidikan bisa berjalan lebih efektif dan tetap mengedepankan kesetaraan saat menerima calon peserta didik baru.

“Sehingga sekolah-sekolah yang disubsidi oleh negara dapat memberikan banyak bantuan kepada mereka yang paling membutuhkan,” imbuhnya.

Legislator NasDem ini juga meminta kepada orangtua calon peserta didik tidak panik saat melakukan proses pendaftaran apabila terjadi gangguan teknis atau hal yang tidak dimengerti.

“Untuk orangtua siswa juga diimbau tidak panik saat proses pendaftaran dan tetap tenang supaya dapat mengikuti proses pendaftaran PPDB tanpa ada yang terlewat sedikit pun demi masuk ke sekolah pilihannya,” ungkapnya.

PPDB 2022 untuk wilayah DKI Jakarta mulai dibuka sejak 17 Mei 2022 untuk jenjang Sekolah Dasar. Sementara itu, PPDB jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dimulai 23 Mei untuk proses pengajuan akun dan 30 Mei untuk jenjang Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK). (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *