Masih Pandemi, UMKM jadi Jalan di Tengah Krisis Lapangan Pekerjaan

JAKARTA (10 Mei) – Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino mengatakan bahwa UMKM merupakan salah satu jalan di tengah krisis lapangan pekerjaan yang semakin sempit dan banyaknya PHK yang terjadi saat ini akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikan saat kegiatan webinar “Penerapan Digitalisasi Ciptakan UMKM Tangguh Pasca Pandemi” yang diselenggarakan oleh Klub Jurnalis Ekonomi Jakarta.

“UMKM menjadi suatu konpensasi yang diberikan kepada Pemerintah untuk rakyatnya terkait kebijakan di masa pandemi saat ini,” ujar Wibi, Senin (10/5/2021).

Lebih lanjut, Wibi menambahkan bahwa untuk merambah digital juga bukan perkara yang mudah bagi UMKM. Pasalnya, menurut diai saat ini persaingan pasar digital juga sudah cukup sesak dengan ikut masuknya korporasi besar.

Hal ini membuat UMKM sulit mendapatkan tempat jika pasar digital pun ternyata dipenuhi oleh beragam produk besar yang dapat membuat produk UMKM kalah saing.

“Sebenarnya titik awal pergerakan UMKM kita ada pada dasar MEA, tapi ketika kita bertemu dengan Pandemi kita dipaksa untuk lebih cepat lagi untuk adaktif terhadap kondisi pasar yang hari ini memaksa kita untuk go digital,” lanjut Wibi.

Peran dari Dinas Tenaga Kerja sangat diperlukan untuk bisa memberikan pelatihan-pelatihan awal kepada masyarakat. Sebab, tidak semua orang mampu menjadi wirausaha. Legislator NasDem ini menyarankan agar pemerintah provinsi menciptakan platform e-commerce yang mandiri untuk kegiatan pemasarannya. Dengan begitu akan tercipta marketplace yang tidak bergantung kepada pihak swasta untuk memasarkan hasil produk UMKM binaan pemerintah provinsi masing-masing.

“Kerjasama ini tentu akan menghasilkan peningkatan perekonomian daerah,” tutupnya. (BP/FM)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *